Kamis, 08 April 2010

HATI2 LOGO SNI PADA HELM BISA PALSU

Gambar
 cr. detik.com

Mengutip berita yg diterbitkan oleh detik.com bahwa helm yang banyak beredar dipasaran banyak yang menggunakan logo yang palsu. Hal ini dikarenakan beberapa sebab, diantaranya ketidak tahuan konsumen/masyarakat akan standarisasi helm yang sudah ber SNI. Hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh sebagian besar penjual untuk melariskan barang dagangannya.

Lalu.. bagaimana sih cara membedakan helm yang mempunyai logo SNI asli dengan yang palsu.
Mudah saja sebenarnya, kita tinggal menghafal saja helm2 yang sdh memiliki SNI (bisa lihat di sini helm yang sudah diakui sebagai helm SNI). Cara ini amat sangat efektif, karna sudah barang tentu helm2 tersebut SNI nya asli. Tapi mungkin gak siy helm2 itu dibajak?? Seperti tdk tau saja, Indonesia ini kan ahli dlm hak bajak membajak, jangankan CD/kaset, celana jeans sampai pisau dapur juga banyak yang membuat bajakan. apalagi helm. Nah kalau begitu ada baiknya kita mengetahui keaslian helm ber SNI itu dgn melihat logo SNI nya.

Helm SNI yang benar adalah helm yang memiliki logo SNI yang diembos atau timbul. Logo itu biasanya ada di bagian bawah helm. Bila logo SNI-nya berupa stiker, itu adalah SNI palsu.

 Logo SNI yang diemboss

Helm SNI palsu itu biasanya dijual oleh pedagang helm kaki lima.  Biasanya helm2 yang murah dan tdk berlogo SNI tersebut sengaja di tempeli dgn logo SNI dgn alasan karna mulai thn 2009 helm yg tdk ber SNI sdh tidak terlalu diminati. Sehingga para penjual mengalami kerugian yang lumayan tidak sedikit. Karena terkadang mereka tdk dapat mengembalikan lagi helm yang telah mereka beli. sehingga berbagai cara dilakukanlah, salh satunya dgn menempel stiker SNI. Ada juga yang menjual obral helm2 yang tdk berlogo SNI. Harga helm yang sdh SNI berkisar antara 50-350 rb an. Tapi dilansir helm ber SNI yang paling laris adalah yang berharga 75rb an. Sementara helm yang tdk ber SNI kemungkinan berkisar 20rb an.

Tingginya harga helm yang ber SNI mungkin menyebabkan konsumen gigit jari, sehingga helm SNI yang murah meriah banyak laku di pasaran. Meskipun bukan menjadi harga mati helm yang mahal tdk laku. Ada juga Helm SNI yang harganya sampai juta2an. Semua kan tergantung merk, dan tergantung selera juga. Bagi sebagian orang, membeli dgn harga yang mahal tidak menjadi soal, apabila sudah menyukai brand tertentu. Disamping fungsi dari hel itu, tentunya dgn memiliki barang yang mahal menjadi jaminan kalau barang tersebut bermutu baik. Tapi harap di ingat dalam memilih helm, jangan haya mengutamakan merk saja, tapi harus diutamakan juga syarat sah helm yang berlaku di Indonesia. Bisa dilihat di sini panduan membeli helm.

Keselamatan adalah hal yang utama untuk pengendara kendaraan beroda dua. Oleh karena itu, pandai2lah dalam memilih produk yang menunjang keselamatan dlm berkendara. Selain disiplin dalam berlalu lintas tentunya.

Bravo bikers!!!


sumber. Detik.com

2 komentar:

  1. keselamatan sangat di pentingkan bagi pengendara, untuk memiliki helm yang berkualitas bagus, seperti helm logo

    Salam
    laundrysepatumedan

    BalasHapus