Powered By Blogger

Rabu, 14 Oktober 2009

PEMBUKAAN KOREAN CULTURE WEEK 2009


Pekan Budaya Korea atau Korean Cultural Week yang diselenggarakan hingga tanggal 18 Oktober telah resmi dibuka beberapa hari yang lalu. Acara pembukaan yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta menyajikan beragam budaya Korea. Tarian, permainan instrumen, dan nyanyian lagu Korea dihadirkan di hadapan penonton yang juga dihadiri para tamu duta besar negara-negara lainnya di Jakarta.

Jam menunjukkan 17.30 saat duta besar Korea untuk Indonesia, Kim Ho-young, memberikan kata sambutannya untuk membuka "Korean Cultural Week". Ia menyatakan terimakasih atas kehadiran tamu undangan dan pengunjung untuk mengenal kebudayaan Korea. Ia juga mengharapkan acara ini dapat mempererat persahabat Indonesia dan Korea. Sambutan duta besar diikuti dengan tarian Bali dan musik ensembel Bali yang dibawakan oleh kelompok Marusya Chamber Music, pimpinan Marusya Nainggolan.

Marusya Chamber Music

 Tari Pendet Bali


Acara yang berlangsung selama lebih dari dua jam ini memukau penonton melalui penampilan para musisi dan seniman tari Korea yang didatangkan khusus untuk acara ini, diantaranya Kim Seung Jung yang memainkan alat musik bersenar, haegeum;?Won Jang Hyun, pemain alat musik tiup daegeum sanjo yang menciptakan gaya permainan yang unik dan telah tampil di lebih dari 50 negara.


Ada pula penampilan kuartet? perkusi Samulnori oleh kelompok tari Namsadang. Menggunakan empat instrumen pekusi dan dimainkan dengan gerakan kepala sehingga tali yang ada di atas topi pemain menjadi bergerak-gerak membentuk lingkaran. Penampilan Namsadang mendapat sambutan hangat dari para penonton. Hal serupa juga terjadi saat penampilan kelompok breakdance Korea, Rivers Crew yang memukau dengan atraksi breakdance. Uniknya, tarian mereka diiringi musik tradisional Korea, oleh gayageum ensembel (ensembel dengan alat musik 25 senar), dari kelompok Sookmyung Gayageum Orchestra. Tentu saja hal ini menjadi suatu keunikan tersendiri, penggabungan seni tradisional dan modern yang harmonis.



Perkusi Samulnori oleh kelompok tari Namsadang


Breakdancer B-Boys diiringi oleh Sookmyung Gayageum Orchestra


Another performs


Acara "Korean Cultural Week" akan berlangsung hingga pekan depan dengan kegiatan pameran hasil bordir Korea yang sangat terkenal, pameran agrikultur, seminar pendidikan, konser musik Indonesia-Korea, dan juga pemutaran film-film Korea.

credit.vibizdaily.com + Desy Anisa@facebook + Yukimuraichi.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar