Powered By Blogger

Kamis, 04 Maret 2010

Cara Biar diet Sukses...

Cara Biar diet Sukses...


 1. pilih program diet yang paling bisa anda lakukan, pilih jg diet yang sudah terpercaya dan masuk akal, jangan tertipu oleh iklan yg menyebutkan turun 5 kg dalam 2 jam, 10 kg dalam 2 hari dan sebagainya. karna menurut aq diet yg sehat grafik penurunannya mank gak sedrastis itu,perlu waktu. dan penurunan yg drastis akan sgt mempengaruhi metabolisme,bs saja mengganggu fungsi tubuh yg lainnya. jd lebih beresiko. usahakan diet disertai konsultasi dgn pihak yg berpengalaman (ahli gizi misalnya).

2. setelah menetapkan menu, tetapkan kira-kira rancangan menu dan jam makan yang akan anda jalani, jadwal off (menu bebas biar tidak bosan,asalkan memenuhi kaidah dietnya).

3. setelah semua siap, tentukan jadwal diet anda (misal dari tanggal 15 oktober, 1 november, terserah) dan targetkan mau turun brp banyak, dgn begitu qt akan lebih disiplin.

4. Biasanya,pada 3-4 hari pertama, tantangan terbesar adalah godaan, spt makanan di rumah yang enak2, cemilan favorit, kalo begitu kan mana bisa tahan? bisa saja kalau anda mau, sb pemicunya,tetapkan mindset agar anda tidak tergoda, seperti "diet ketat cuman bentar kok, tp hasilnya seumur hidup, klo aq kurus, pasti pacarku makin sayang, atau biarin gendut tp kan sehat, waah boong tuh, gendut brarti nimbun penyakit, langsing lebih sehat, dan sejuta kata2 penguat untuk diri kita"

5. nafsu makan adalah musuh terbesar kedua, tingginya nafsu makan dikarenakan karena banyak mengkonsumsi karbohidrat cepat serap seperti roti puth, nasi putih, kentang dan makanan berserat rendah lainnya, oleh karena itu, benar2 batasi makanan seperti itu dalam minggu minggu pertama. Lebih jelasnya kenapa karbohidrat tinggi meningkatkan nafsu makan, karena makanan yang mengandung karbohidrat tinggi memicu produksi insulin yang ujung-ujungnya membuat tubuh anda meminta anda untuk mengkonsumsi gula lagi (craving). (proses kimia detailnya aga lupa gua)

6. nafsu makan juga dapat dikurangi dengan mengkonsumsi bahan yg menurunkan nafsu makan seperti green tea tanpa gula dan minum air yang banyak.

7. jangan diet terlalu ketat pada awal-awal anda melakukan program diet,jika terlalu ketat anda akan berpikiran "ah terlalu sulit, gua gak mungkin bisa tahan, dll dll). intinya, diet itu mang harus disiplin,tp pd awal2 diet jgn memaksakan diri, apabila tdk bs menghindari makanan tertentu, kurangi saja porsinya secara bertahap, misalnya nasi, kalau tdk bs tdk makan nasi, tetap saja mengkonsumsi nasi, akan tetapi jml nya dikurangi, misalnya habis 1 piring, maka biasakan 1/2 piring saja, setelah 1 mgg, kurangi lagi jd 1/2, lalu mgg selanjutnya, makan hanya ketika mkn siang, atau konsumsinya diganti, biasanya konsumsi utama nasi, diganti dgn mengkonsumsi apel. lama kelamaan perut qt akan terbiasa dgn porsi yg lebih dikit.

8. pada minggu kedua biasanya anda mulai bosan, oleh karena itu, cobalah makan enak dalam porsi NORMAL (cheating) dalam 1x makan/ 1 hari. hal ini akan mengurangi rasa bosan. sbenernya bkn cheating kali yah, aq si nyebutnya penawar penasaran. kadang, org yg berdiet itu sugesti untuk melanggar lebih besar. untuk menekan hal itu, dibuatlah perjanjian dlm diri sendiri, makanan yg dipantang (semisal gorengan) boleh dimakan,tp tdk boleh lebih dr 2 potong (misalnya). jd qt tdk berasa diet, hanya sdg mengurang2i makanan.

9. ketika anda sudah melewati 2 minggu pertama, anda akan terbiasa, dan ketika berat badan sudah turun, anda tetap bisa makan enak, tetapi hanya dalam porsi normal, jangan balas dendam dengan makan enak dalam porsi jumbo karena berat badan akan nailk lagi. balik lagi, makan lah setelah kau lapar dan berhentilah kau sebelum kau kenyang. untuk pengenyang, minum aj air putih yg banyak. tapi tetap konsisten dietnya yah..

10. suplemen weight loss dapat membantu program diet anda, tetapi jangan beranggapan bahwa suplement weight loss merupakan obat dewa yang langsung membuat anda kurus seketika. suplemen, sesuai namanya adalah pembantu anda menurunkan berat badan. 70% keberhasilan bergantung pada pola makan anda.
jika anda memutuskan untuk menggunakan suplemen, pastikan anda mempelajari ingredient atau daftar isinya terlebih dahulu. jangan sembarangan memilih suplemen.

11. klo makan snack, cari snack berprotein tinggi seperti ikan, telur rebus, karena selain kalorinya cukup rendah, makanan berprotein tinggi cenderung lebih lambat dicerna daripada karbohidrat sehingga membuat pencernaan dan metabolisme anda bekerja terus sehingga... lemak akan lebih mudah terbakar. klo mank tipe yg gampang laper, jgn lupa bawa apel kmana2, kalau laper ya makan aj itu apel, knapa apel? karna slain seratnya tinggi, sebutir apel itu cukup mengenyangkan. dan nilai kalorinya gak lebih dr 100.

12. diet tanpa gorengan? udah ga jaman, sekarang ada canola oil dijual di mana-mana, canola oil mengandung 62% lemak tak jenuh tunggal, 31% lemak tak jenuh ganda dan 7% lemak jenuh dan tahan panas. dalam diet, anda boleh menggoreng tetapi jangan semua lauk anda goreng. walaupun lemak baik, tetapi kalori lemak masih tinggi, gunakan minyak sedikit saja dan lengkapi dengan sayuran.

13. Olive oil lebih baik? tidak juga. olive oil memang mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi, tetapi olive oil tidak tahan panas dan mudah rusak ketika dibuat untuk menggoreng atau menumis. jika rusak, maka kadar lemak jenuhnya akan bertambah.


sumber. forumm.wgaul.com


kesimpulannya, DIET adalah bukan masalah makanan ap yg harus dimakan, akan tetapi bagaimana menjaga pola makan qt.  Dalam artian, apabila makanan yg qt makan berlebihan meskipun itu baik untuk tubuh qt tdk baik juga toh?
aq lebih senang diet ini diganti dgn kata2 "memperbaiki pola makan"
mengganti asupan makanan yg tdk dibutuhkan dgn makanan yg diperlukan tubuh.
dan yang terpenting tdk berlebih2an. sesuai dgn porsinya..

1 komentar: