Powered By Blogger

Kamis, 22 April 2010

Bagaimana Membedakan Iphone Asli Dgn Replikanya



iPhone merupakan smart phone keluaran dari Apple. Handphone ini mulai di luncurkan pada tahun 2007. Handphone ini juga banyak digemari di Indonesia, kendati harganya tergolong tinggi. Mengalahi handphone populer seperti Blackberry menurut saya.

iPhone hanya bisa digunakan secara resmi dalam satu operator ponsel. Di Inggris, IPhone hanya bisa digunakan dalam jaringan O2. Di Jerman, hanya operator T-Mobile yang bisa dipakai sebagai jaringan iPhone. Sementara di Indonesia di bundling oleh provider kenamaan Telkomsel. 

Memang tidak bisa menggunakan provider lain yah? Bisa saja sih iPhone bisa dioprek sehingga bisa digunakan dengan jaringan lain. Namun hal ini akan mengakibatkan dihapusnya garansi iPhone oleh produsennya, Apple.

Kenapa iPhone sangat populer?? 
iPhone adalah telepon genggam yang revolusioner produksi Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan internet, misalnya untuk mengirim email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna adalah layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol.

iPhone generasi pertama mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi kedua, yang bernama iPhone 3G (karena disertai dengan fitur 3G) diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008 dengan harga US$199 untuk model 8GB dan US$299 untuk model 16GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi ketiga atau iPhone 3GS, diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009, dengan harga US$199 untuk model 16GB dan US$299 untuk model 32GB.


Kamera yang terpasang memiliki resolusi 2 megapixel untuk generasi iPhone pertama dan iPhone 3G, dan 3,2 megapixel untuk iPhone 3GS, namun, iPhone generasi pertama dan 3G tidak dapat merekam video. Tetapi dengan bantuan pihak ketiga yang banyak membuat aplikasi, hampir semua kekurangan tadi dapat diatasi.

Selain itu telepon ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto. IPhone dapat memainkan video, sehingga pengguna dapat menonton televisi atau film. IPhone memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang dijual di iTunes di computer, maupun di Apps Store langsung di iPhone.

Para pengguna IPhone bahkan dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang dijual di Apps Store, asalkan tidak melebihi 10MB. Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB. Sistem operasi dapat diupdate berkala melalui iTunes secara gratis.
 



Spek Dimensi:



Spek Warna:


 Display
Video Playback

Perbedaan SPesifikasi antara IPhone 3G dengan 3GS:





3G
3GS
Size and Weight
Height:
4.5 inches (115.5 mm)
Width:
2.4 inches (62.1 mm)
Depth:
0.48 inch (12.3 mm)
Weight:
4.8 ounces (135 grams)
Height:
4.5 inches (115.5 mm)
Width:
2.4 inches (62.1 mm)
Depth:
0.48 inch (12.3 mm)
Weight:
4.8 ounces (135 grams)
UMTS/HSDPA (850, 1900, 2100 MHz)
v
v
GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz)
v
v
Wi-Fi (802.11b/g)
v
v
Bluetooth 2.0 + EDR wireless technology
v
v
Assisted GPS
v
v
Digital compass
x
v
Wi-Fi
v
v
Cellular
v
v
Battery
Built-in rechargeable lithium-ion battery
Built-in rechargeable lithium-ion battery
USB port & charging
v
v
Talk time
Up to 10 hours on 2G
Up to 12 hours on 2G

Up to 5 hours on 3G
Up to 5 hours on 3G
Stand by
Up to 300 hours
Up to 300 hours
Internet use
Up to 5 hours on 3G
Up to 6 hours on Wi-Fi
Up to 5 hours on 3G
Up to 9 hours on Wi-Fi
Video playback
Up to 7 hours
Up to 10 hours
Audio Playback
Up to 24 hours
Up to 30 hours

Windows system requirements

Windows Vista; or Windows XP Home or Professional with Service Pack 2 or later
Windows Vista; or Windows XP Home or Professional with Service Pack 2 or later

capacity

8GB flash drive
16GB or 32GB flash drive
display
  • 3.5-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display
  • 480-by-320-pixel resolution at 163 ppi
  • Support for display of multiple languages and characters simultaneously
  • 3.5-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display
  • 480-by-320-pixel resolution at 163 ppi
  • Fingerprint-resistant oleophobic coating
  • Support for display of multiple languages and characters simultaneously
Camera,foto and video
  • 2 megapixels
  • Photo geotagging
  • iPhone and third-party application integration

  • 3 megapixels
  • Autofocus
  • Tap to focus
  • Video recording, VGA up to 30 fps with audio
  • Photo and video geotagging
  • iPhone and third-party application integration
Headphones
  • Stereo earphones with built-in microphone
  • Frequency response: 20Hz to 20,000Hz
  • Impedance: 32 ohms

  • Apple Earphones with Remote and Mic
  • Volume control
  • Frequency response: 20Hz to 20,000Hz
  • Impedance: 32 ohms

Packet in the box
  • iPhone 3G
  • Stereo Headset with mic
  • Dock Connector to USB Cable
  • USB Power Adapter
  • Documentation
  • SIM eject tool

  • iPhone 3GS
  • Apple Earphones with Remote and Mic
  • Dock Connector to USB Cable
  • USB Power Adapter
  • Documentation
  • SIM eject tool


Handphone ini termasuk banyek digemari di Indonesia,namun harga yang di bandrol Telkomsel dirasa sangat tinggi. Sehingga banyak dari konsumen yang sering terjebak dengan iPhone aspal, asli tapi palsu.Karena tergiur oleh harganya yang lebih murah. Untuk penampilannya, iPhone yang banyak dipasok dari China ini terbilang sangat mirip, untuk orang awam seperti saya mungkin agak sulit untuk membedakannya.


Harga dan Paket yang ditawarkan Telkomsel untuk Bundling iPhone

Apabila menerima tawaran iPhone dengan harga separuh atau 1/3 nya harap anda berfikir ulang untuk membelinya. Karena memang handphone ini harganya mahal sekali.

Oleh karena itu mari lihat video berikut ini yang sedikit menunjukkan perbedaan iPhone asli dengan replika (tiruan) nya.

iPhone PALSU / REPLIKA





iPhone ASLI



Dari kedua video diatas dapat dilihat tampilan iPhone yang palsu tenyata apabila dibuka menu browser nya, entah mengapa tidak bisa terbaca tulisannya, hanya simbol kotak2 sebagai penggantinya.
kebetulan saya pernah melihat dan mencoba iPhone yang palsu, untuk browshing itu lambaaat sekali. Dan ketika saya membuka salah satu website, tampilannya persis seperti yang di video itu.

Dan meskipun masih baru, entah mengapa fitur bawaan dari ponselnya terdapat bberapa lagu dari negi china itu yang entah siapa dan apa lagu nya saya tidak mengerti.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dicermati lagi untuk bisa membedakan mana iPhone asli dan mana yang palsu.

PACKAGING



iPhone asli packaging luarnya menunjukkan warna iPhone nya. Kalau Box nya hitam berarti isina hitam, kalau putih berarti isinya putih. Apabila packaging nya putih tapi isinya hitam, bisa jadi itu barang replika.

SIMCARD
Apabila menemukan iPhone yang memiliki dual sim, bisa dipastikan itu iPhone China, alias bajakan. Apalagi kalo terdapat fitur tv turner. Coba perhatikan, tidak hanya iPhone saja, kebanyakan handphone buatan china dual siam dan terdapat tv turner.

SHAKE
iPhone asli, apabila kita memutar handphone, maka fitur yang ada di layar mengikuti.Apabila semula tampilan menu horizontal, kemudian kita memutarnya secara vertikal maka tampilannya akan mengikuti vertikal. Untuk semua menu, misalnya video,main menu, dsb.

UKURAN
iPhone asli memang berukuran besar, dimensinya bisa dilihat ulang di bagian awal artikel ini. Kalau anda mendapati iPhone ukuran mini, maka dapat dipastikan ini iPhone palsu. Karena iPhone hanya mempunyai satu ukuran, baik 3G maupun 3GS.




Sekian ulasan mengenai iPhone ini. Mudah-mudahan blogger sekalian tidak tertipu dan berfikir sejuta kali untuk membeli barang dengan penawaran yang jauuuuh dari harga normal. Apabila memang menginginkan handphone ini karena fiturnya sangat canggih, jangan ragu untuk merogoh kocek yang cukup dalam karena dengan fitur yang sangat canggih ini, wajarlah kalau harganya memang selangit. Apabila andaingin bergaya dengan iPhone replika.. Its Ok.. asalkan jangan sampai anda tertipu dengan harga yang relatif tinggi. Harga iPhone replika china di pasaran tidak lebih dari 2,5 juta. Mungkin anda bisa mencarinya di kaskus dimana semua barang bisa anda temukan dijual disana..



Sumber
www.apple.com
www.studiohp.com
www.wikipedia.com
www.youtube.com
http://www.iphoneindonesia.com
http://www.ingateros.com

7 komentar:

  1. ane ketipu gan...2,5 hilang gan..hik hik...

    BalasHapus
  2. Im sorry to hear that. Jd pelajaran berharga gan,ane buat tulisan ini jg krn ane prnh ktipu.
    Dan berharap gak ada lagi temen2 yg ketipu.
    Teliti dulu sblm membeli. Dan saran ane,lbh baik beli d toko resmi. Seumpama ada sesuatu hal yg gak bener,atw palsu qt bs minta pertanggung jawab an nya.
    Be a smart buyer..
    Smoga qt ga jd korban mode/tehnologi..

    BalasHapus
  3. Aku ditawari Apple Iphone4 harga 1,2juta......katanya asli...trus saya tanya: koq murah????katanya dari pelabuhan....sekarang saya lagi pikir2 lagi nih klo mo beli.....

    BalasHapus
  4. yup..
    jgn percaya harga yg murah y..
    klo nyesel slalu dtg belakangan soalnya..
    ;)

    BalasHapus
  5. Klo barang BM itu kan murah2 gan..tp kira2 itu barangnya asli apa replika si??mohon kci tw dunk biar ane gk bingung??thanks

    BalasHapus
  6. memang susah-suasah gampang untuk membedakan iphone dan cara membedakan aksesoris iphone asli atau palsu, soalnya sekarang udah pada canggih-canggih yang buat supercopynya -_-

    BalasHapus